Ingin Rumah Minimalis? Siapkanlah Hal-Hal Berikut Ini

Di era modern, trend rumah minimalis bukan lagi hal yang baru. Design yang simpel membuatnya menjadi daya tarik banyak orang. Karena perabotannya tidak banyak, rumah minimalis juga lebih mudah dibersihkan. Kita tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk membersihkan rumah minimalis. Jadi, tipe rumah ini sangat cocok bagi kita yang rutinitasnya padat. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis juga cukup terjangkau. Untuk mempersiapkan pembangunan rumah minimalis, perhatikanlah tahap-tahap berikut ini.

  1. Tentukan tipe rumah minimalis

Rumah minimalis memiliki beberapa tipe dengan harga yang berbeda-beda. Rumah minimalis umumnya dibuat satu hingga dua lantai. Tipe rumah minimalis juga dibedakan berdasarkan luasnya seperti tipe 36 serta 45. Jika menginginkan rumah dengan harga terjangkau, pilihkan rumah tipe 36. Rumah ini cocok untuk anda yang baru menikah maupun memiliki keluarga yang terdiri atas 4-5 orang. Namun, anda harus pintar mengatur furniture karena lahannya yang terbatas. Apabila memiliki biaya yang lebih, pilihlah tipe 45. Karena lebih luas, furniture di rumah tipe 45 akan lebih mudah diatur.

  1. Siapkan design

Design merupakan salah satu hal yang mempengaruhi karakteristik rumah minimalis. Anda bisa menyiapkan sendiri design rumah minimalis sesuai selera. Agar teratur, fokuslah untuk mengatur furniture pada satu ruangan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah anda berfokus pada ruangan lainnya. Anda juga bisa melihat insipirasi design rumah minimalis yang dapat ditemukan dengan mudah di internet. Agar menampilkan keminimalisan, pilihlah warna dinding yang tidak terlalu mencolok. Sementara itu, warna dinding yang cerah juga akan menampilkan kesan hangat dan menyenangkan. Hindari dekorasi dinding dan lantai yang terlalu mencolok. Permukaan dinding serta lantai rumah minimalis harus terlihat terang dan bersih. Pilihlah jendela yang sederhana seperti jendela dari kaca dengan permukaan luar kayu.

Desainer Rumah Minimalis Sejasa
Ilustrasi Rumah Minimalis
  1. Buatlah daftar rincian kebutuhan rumah

Banyak yang beranggapan biaya untuk luas bangunan 100 meter dan jasa pengerjaan 3 juta adalah 300 juta. Padahal, menghitung biaya rumah minimalis tidaklah semudah yang dibayangkan. Jadi, setelah menentukan tipe rumah minimalis, datalah hal-hal yang dibutuhkan. Dengan demikian, anda bisa mengetahui detail biaya pembangunan. Hitunglah biaya pembelian furniture seperti lemari, meja, maupun sofa. Selain itu, cari tahulah harga bahan bangunan sebagai pertimbangan bahan yang akan digunakan. Tentukan juga apakah anda akan menggunakan pekerja harian atau borongan. Selain itu, anda juga perlu membuat rincian pembangunan rumah, diantaranya ialah:

pembersihan lahan serta pendatangan material,

pondasi yang terdiri atas galian tanah, pemasangan pondasi batu kali, serta urugan tanah kembali,

struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok,

dinding meliputi pasangan dinding batu bata serta plesteran dan acian,

rangka atap dan finishing penutup atap rumah,

plafon rumah,

lantai rumah,

instalasi plumbing dan listrik rumah,

serta pengecatan dan perapihan.

  1. Menyiapkan dana dan membangun rumah

Setelah menentukan tipe dan mendata kebutuhan rumah, siapkanlah biaya yang diperlukan. Meskipun sudah menghitung biaya secara detail, sediakan dana yang lebih. Biaya pembangunan rumah biasanya akan berbeda dari yang kita prediksi. Membangun rumah minimalis bukan berarti anda harus memiliki budget yang banyak. Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank. Namun, anda harus memperhatikan ketentuan-ketentuan peminjaman. Salah satu syarat mutlaknya ialah sudah berpenghasilan.

Seperti rumah lainnya, pembangunan rumah minimalis juga membutuhkan perencanaan terlebih dahulu. Dengan persiapan yang matang, anda tidak akan kesulitan ketika membangun rumah minimalis. Selamat membangun rumah minimalis anda!